Friday, July 21, 2006

FR Sate Afrika


Sate Afrika Pak Haji Ismail
Jalan KS Tubun 6. Petamburan 2.
Di Lapangan Sebelah Gedung Indonesia Power.

The Story

Setelah mencari selama seminggu akhirnya ketemu juga Sate Afrika milik Pak Ismail. Thanks to Hani yang telah menelpon TransTV untuk menanyakan alamatnya.Asli girang banget gue pas dapet alamatnya, ga sabar pingin buru-buru kesana. Udah kebayang makan daging domba yang gurih tapi empuk. Yummm...
Gue telpon dulu si Pak Ismailnya untuk ngecheck jualan apa ngak hari ini. Telpon diangkat dengan kata Assalamualaikum yang kencang dan bersahabat, Walaikumsalam gue bilang. Gue tanya hari ini buka atau ngak. Kata dia buka jam 11an tapi lebih baik pesen dulu. Gue bilang gue ga tau mau pesan apa, belum pernah. Kata dia mau potongan apa, gue ga tau mana yang enak kata gue. Gue tanya yang enak dan biasa dicari orang apa, kata dia punggung. Yo wess, pesan lah gue punggung. Gue cuman mesen satu porsi soalnya kata acara yang diTransTV itu satu porsi cukup berdua, lagi pula gue pikir kalo sampe dua porsi gue mau liat and pilih disana aja langsung.

Setelah ngajar, ditemani oleh gf tercinta,jalanlah gue ke daerah KS Tubun. Daerah ini ga familiar bagi gue, jadi gue sempet nyasar dikit. Gue telpon Si Pak Haji and dia sendiri ga bisa ngejelasin tempatnya dimana. Untung gue sempet baca di salah satu forum paling ngetop di Indonesia and baca bahwa tempatnya ada di deket gedung Indonesia power. Akhirnya ketemu juga tuh gedungnya. Gue pikir karena deket daerah situ gue parkir aja deket situ terus tanya orang dan jalan aja ke lokasi. Ternyata ada lapangan disebelah Gedung Indonesia power, Gue parkir situ aja gue pikir, eh ternyata di dalam lapangan situlah, agak kedalam sedikit lokasi sate afrika yang gue cari-cari.Emang tuh tempat low-profile banget, ga ada tulisan apa-apa yang menunjukkan tuh tempat apa, jual apa. Kalo gue ngak liat di TV juga gue ga tau itu tempat yang gue cari. Pokoknya warnanya Biru all over deh.
Turun mobil langsung jalan kesana,gue bilang gue udah pesen.Ternyata nama gue udah dicatat dipapan whiteboard yang ada ditembok. Gue disuruh duduk. OK. Gue liat ada orang yang kayaknya gue kenal. Ternyata bener itu adek Kelas gue di Kampus. Kita ngobrol-ngobrol sebentar, tiba-tiba dateng satu nampan alumminium berisi daging domba bakar yang sudah dipotong-potong, ditaburi dengan irisan panjang bawang bombay. Ditaro deh tuh ditengah-tengah rombongannya temen gue. Asli ngiler gue. Lalu makanlah dia dan teman-temannya. Gue and Gf gue masih menunggu Grilled Lamb kita untuk dateng. Sambil menunggu, kita ditawarin nasi, minum and pisang goreng. Gue tanya ama temen gue, pisang gorengnya enak ga? Kata dia enak kok, makannya sama daging bakarnya sebagai pengganti nasi. Hmmm.....interesting. Gue dikerjain apa emang bener ya?Gue pesen aja satu porsi. Akhirnya dateng juga sepiring penuh daging domba. Agak kecewa sih karena wadahnya bukan nampan alumminium kayak yang diTV sama yang digunakan untuk menyajikan makanan rombongan temen gue. Pasti karena gue cuman mesen satu potong. Ya sudah no big deal, lalu datanglah nasi, minum dan pisang gorengnya. Dan akhirnya cita-cita gue makan sate afrika tercapai he3x. Asli enak, dan siapa sangka pisang goreng pake sambal lampung dan mustard enak. Yummmyyy. Pokoknya loe harus coba, apalagi kalo loe doyan makan daging. Dagingnya itu diluarnya gurih dan empuk banget di dalamnya. Uenaak!!
Selesai makan ngobrol, dikit ama pak haji and tanya-tanya soal potongan kambing yang enak. Pulang dengan perut kenyang, hati puas. I will Return!!
DC: 57 ribu rupiah.

Rangkuman:
The Food
Tersedia berbagai potongan kambing. Rata-rata harganya 35 ribu.
Yang favorit: Pundak, Punggung, Dada, Iga.
Paha juga ok, banyak dagingnya, tapi agak keras katanya. Babat dan hati juga ada kok. Sampe kepalanya kalo mau juga ada kayaknya.
Kalo mesen minta aja: Ipul (pundak), Dos (punggung), dada atau iga (gue lupa istilah afrikanya).
Makannya pake sambal lampung dalam toples kecil gitu. Kayaknya beli jadi deh.
Sama mustard merk maestro.
Nasi satu porsi 3 ribu.
Pisang goreng 10 ribu, cukup untuk 2 atau 3 orang.
Teh tawar panas seribu. Minuman yang lainnya ngak tau, ngak mesen.

The Place:
Biasa aja, ga muat terlalu banyak orang. Kebanyakan pelanggannya katanya take away atau pesanan.
Ga ada bathroom yang memadai, so do your "business" at home sebelum kesini.

Kesimpulan:
Musti loe coba. Enak banget asli enak. Kayak makan steak gitu. Kalo lagi pingin daging, ga ada tempat yang lebih tepat.

4 1/2 Bintang dari 5.

Must try!!!!!

*Kalo mau nomor telponnya, tinggalin Name and email or No. Hp loe aja di bagian Comment atau email gue di merlin_12810@yahoo.com judulnya sate afrika. Posted by Picasa

0 Comments:

Post a Comment

<< Home